Demi Masa, Sesungguhnya Manusia Benar-Benar Kerugian…………

Posted: Agustus 12, 2014 in Kebaikan Islam, Kebenaran Islam
Tag:, ,

Manusia itu banyak kerugian, mereka mengabaikan ilmu yg telah diberi, dan tidak mempelajarinya secara meluas, banyak sekali hal2 dalam ilmu yg mereka lewatkan begitu saja………..

 

﴾ Al Baqarah:38 ﴿
Kami berfirman: “Turunlah kamu semuanya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati”.

﴾ Al Baqarah:2 ﴿
“Kitab (Al Quran) itu tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,”

Nabi Adam As diturunkan ke Bumi dan kita semua umat manusia ada di Bumi untuk belajar mengenal Allah SWT dari kitab2Nya, walaupun dahulu di zaman nabi Adam belum diturunkan Taurat, injil, zabur, dan AL-Qur’an, tetapi justru Bumi inilah yg mengandung ayat2 dari AL-Qur’an, dari Bumi inilah awal mula ayat2Nya di bacakan atau dipelajari, melalui mengenal benda2 di bumi sebagai tanda2 kebesaran Allah SWT bagi orang2 yg berfikir..

﴾ Al Baqarah:31 ﴿
Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat maka Dia berfirman: “Terangkanlah kepada-Ku nama semua ini jika kalian orang-orang yang benar!”

Kemudian setelah itu alasan kita berada di Bumi adalah beriman kepada yg Ghaib setelah jelas tanda2 Kebesaran Allah SWT banyak disekitar kita dan kemudian mempraktikan apa saja perintah2Nya yg ada dalam kitabNya..

﴾ Al Baqarah:3 ﴿
(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, dan mendirikan shalat, dan mereka menafkahkan dari sebahagian yang Kami berikan kepada mereka.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَالْعَصْرِ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan saling menasehati supaya mentaati kebenaran dan saling menasehati supaya menetapi kesabaran. [ al-‘Ashr/103: 1-3]

Syaikh Abdurrahmân bin Nâshir as-Sa’di rahimahullah berkata, “Allah Subhanahu wa Ta’ala bersumpah dengan menggunakan waktu yaitu malam dan siang, yang merupakan saat amal perbuatan seluruh hamba dilakukan, bahwa semua manusia itu merugi, tidak beruntung. Kerugian itu bertingkat-tingkat, ada rugi total, seperti orang yang rugi dunia dan akhirat, tidak masuk surga justru masuk neraka jahim; ada yang rugi dari satu sisi, tapi tidak dari sisi yang lain. Oleh karena itu Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan bahwa kerugian itu menimpa semua orang, kecuali orang-orang yang memiliki empat sifat :

1. Beriman terhadap perkara yang diperintahkan oleh Allâh Azza wa Jalla supaya diimani. Dan iman itu tidak akan ada kalau tidak ada ilmu. Jadi ilmu merupakan bagian dari iman. Iman tidak akan sempurna kecuali dengan ilmu.

2. Beramal shaleh. Ini mencakup seluruh perbuatan baik, yang lahir maupun yang batin, yang berkaitan dengan hak Allâh maupun hak para hambaNya, yang wajib maupun yang sunat.

3. Nasehat menasehati dengan al-haq. Al-haq adalah iman dan amal shalih. Maksudnya mereka saling menasehati, saling menganjurkan serta saling memberikan motivasi untuk melaksanakannya.

4. Nasehat menasehati supaya tetap sabar dalam melaksanakan perbuatan taat, sabar dalam meninggalkan perbuatan maksiat dan sabar menerima takdir Allâh yang pedih.

Dengan dua (sifat) yang pertama, seseorang bisa menyempurnakan dirinya, dan dengan dua (sifat) berikutnya, dia bisa menyempurnakan orang lain. Berhasil menyempurnakan empat sifat di atas, berarti telah selamat dari kerugian dan meraih keberuntungan yang besar.” (Tafsîr Taisîr Karîmir Rahmân, surat al-‘Ashr)

Komentar
  1. mia amalia mengatakan:

    salam… bisa minta tolong bagaimana cara menerjemahkan video ini. jazakumullah khairan katsiran  http://youtu.be/6PtOey1SXLM?list=UUHV0thNaPBtMWfcocmk-aCg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s